Jika blog ini bermanfaat bagi anda, bantu klik iklan di blog ini agar bermanfaat bagi saya...

Jangan lupa baca ni...

22 October 2010

Askep gagal ginjal akut

Pada Pasien Gagal Ginjal Akut

A. Anatomi Ginjal

Dua ginjal terletak pada dinding posterior abdomen, di luar rongga peritoneum. Setiap ginjal pada orang dewasa beratnya kira-kira 150 gram dan kira-kira seukuran kepalan tangan. Sisi medial setiap ginjal merupakan daerah lekukan yang disebut hilum tempat lewatnya arteri dan vena renalis, cairan limfatik, suplai saraf, dan ureter yang membawa urin akhir dari ginjal ke kandung kemih, di mana urin di simpan hingga di kosongkan. Jika ginjal dibagi dua dari atas ke bawah, dua daerah utama yang dapat digambarkan yaitu korteks di bagian luar dan medulla di bagian dalam.

Darah yang mengalir ke kedua ginjal normalnya merupakan 21 % dari curah jantung, atau sekitar 1200 ml/menit. Arteri renalis memasuki ginjal melalui hilum bersama dengan ureter dan vena renalis, kemudian bercabang-cabang secara progresif membentuk arteri interlobaris, arteri arkuata, arteri interlobularis (juga disebut arteri radialis), dan arteriol aferen, yang menuju ke kapiler glomerulus dalam glomerulus di mana sejumlah besar cairan dan zat terlarut (kecuali protein plasma) difiltrasi untuk memulai pembentukan urin. Ujung distal kapiler dari setiap glomerulus bergabung untuk membentuk arteriol eferen, yang menuju jaringan kapiler kedua, yaitu kapiler peritubular, yang mengelilingi tubulus ginjal. (Guyton, 1997).

Tekanan hidrostatik yang tinggi pada kapiler glomerulus (kira-kira 60 mmHg) menyebabkan filtrasi cairan yang cepat, sedangkan tekanan hidrostatik yang jauh lebih rendah pada kapiler peritubulus (kira-kira 13 mmHg) menyebabkan reabsorbsi cairan yang cepat. Dengan mengatur resistensi arteriol aferen dan eferen, ginjal dapat mengatur tekanan hidrostatik kapiler glomerulus dan kapiler peritubulus, dengan demikian mengubah laju filtersi glomerulus dan/atau reabsorbsi tubulus sebagai respons terhadap kebutuhan homeostatik tubuh. (Guyton, 1997).

Masing-masing ginjal manusia terdiri dari kurang lebih 1 juta nefron, masing-masing dapat membentuk urin. Setiap nefron mempunyai dua komponen utama: (1) glomerulus (kapiler glomerulus) yang dilalui sejumlah besar cairan yang di filtrasi dari darah dan (2) tubulus yang panjang di mana cairan hasil filtrasi diubah menjadi urin dalam perjalannya menuju pelvis ginjal.

B. Definisi

Gagal Ginjal Akut adalah kemunduran yang cepat dari kemampuan ginjal dalam membersihkan darah dari bahan-bahan racun, yang menyebabkan penimbunan limbah metabolik di dalam darah (misalnya urea). (www.medicastore.com).

Pengertian gagal ginjal akut berkisar dari peningkatan konsentrasi serum kreatinin yang berat (misalnya, yang membutuhkan dialysis) sampai yang ringan (misalnya pada 44.2 mikromol/L). Pada defenisi yang lebih luas, gagal ginjal akut sering didefenisikan sebagai kerusakan yang signifikan pada fungsi ginjal yang terjadi lebih dari beberapa jam atau beberapa hari. (Once Jevuska).

Gagal ginjal akut (GGA) mengacu pada kehilangan fungsi ginjal yang tiba-tiba (beberapa jam sampai beberapa hari) yang ditandai dengan peningkatan nitrogen urea darah (BUN), dan kreatinin serum. Meskipun tak ada batas pasti untuk BUN dari 15 sampai 30 mg/dl dan peningkatan kreatinin dari 1 sampai 2 mg/dl mengisaratkan GGA pada pasien yang sebelumnya mempunyai fungsi ginjal normal. Pada pasien dengan penyakit ginjal sebelumnya, banyak hal yang dibutuhkan untuk menetapkan diagnosis karena perubahan kecil dalam fungsi ginjal, tidak berhubungan dengan GGA, mungkin dipertegas bila sudah terjadi juga kehilangan fungsi nefron. Kewaspadaan dini tentang diagnosa adalah penting karena angka kematian yang secara menetap tinggi (60-65%) yang berhubungan dengan GGA meski sudah tersedia hemodialisa secara luas. (Hudak, 1996)

C. Klasifikasi GGA

Gagal ginjal akut diklasifikasikan ke dalam 3 kategori umum, sesuai dengan factor-faktor pencetus dan gejala yang dimanifestasikan oleh penyakit. Kategori ini adalah prerenal, intrarenal, dan posrenal. Kemampuan untuk membedakan kategori ini adalah penting bagi perawat.

I. Prerenal

Penyebab-penyebab prerenal GGA meliputi kejadian fisiologis yang mengakibatkan penurunan sirkulasi (iskemia) pada ginjal. Yang paling umum keadaan ini meliputi hipovolemia dan gagal kardiovaskular: namun setiap kejadian lain yang menyebabkan penurunan akut dalam oksigenasi ginjal dapat masuk dalam kategori ini, yang kadang-kadang digambarkan sebagai prerenal azotemia.

II. Intrarenal

Kategori intrarenal GGA meliputi kejadian-kejadian fisiologis yang secara langsung mempengaruhi fungsi dan sruktur jaringan ginjal. Hal ini sering mencakup kejadian-kejadian yang menyebabkan kerusakan jaringan interstisium dan nefron. Ginjal kehilangan kemampuannya untuk mengekskresi sampah nitrogen yang dihasilkan dari metabolisme protein. Kerusakan tubulus menimbulkan ketidakmampuan untuk memekatkan urine. Juga bila kondisi-kondisi yang menyebabkan gagal prerenal mengakibatkan kerusakan jaringan ginjal, penyakit akan berlanjut ke tahap intrarenal. Nekrosis tubular akut (NTA) adalah contoh umum GGA kategori ini.

III. Postrenal

Kategori postrenal meliputi setiap obsruksi pada aliran urine dari duktus kolegentes pada ginjal sampai orifisium uretra eksternal, atau aliran darah vena dari ginjal.

Obstruksi mungkin berasal dari penyebab anatomi atau fungsional. Penyebab-penyebab anatomi biasanya kejadian-kejadian seperti striktur, tumor, atau batu. Penyebab-penyebab fungsional dapat termasuk obat-obatan, seperti agen-agen yang memblok gangglionik yang mengganggu suplai otonomi ke sistem perkemihan. Obstruksi vena renalis bilateral jarang terjadi; namun juga dikategorikan sebagai penyebab GGA postrenal. Ini sering terlihat sekunder terhadap neoplasma intra abdomen dan penyebab-penyebab iatrogenic.


klik DOWNLOAD untuk askep gagal ginjal lebih rincinya,.....

1 comment:

  1. Terimakasih untuk informasi penyakit ginjalnya. Pencegan yang baik adalah dengan menjaga pola hidup sehat, seperti makanan sehat, olah raga teratur dan minum yang cukup serta jangan menahan buang air kecil..

    ReplyDelete

Jangan lupa komentar wahai pengunjung yang budiman.....
Dengan berkomentar, Admin bisa mengerti apa yang anda sarankan dan apa yang kurang dari blog ini. Thanks