Jika blog ini bermanfaat bagi anda, bantu klik iklan di blog ini agar bermanfaat bagi saya...

Jangan lupa baca ni...

30 November 2010

Hari AIDS Internasional

Pada hari AIDS ini, marilah sejenak kita mereview apa itu AIDS. Yuk simak wacana kali ini...

Acquired immune deficiency syndrome (AIDS) merupakan penurunan daya tahan tubuh seseorang yang disebabkan human immuno deficiency virus (HIV). Virus HIV membutuhkan waktu untuk menyebabkan sindrom AIDS yang melemahkan dan sangat berbahaya. Penyakit AIDS disebabkan oleh melemah/menghilangnya sistem kekebalan tubuh yang tadinya dimiliki karena sel CD4 pada sel darah putih yang banyak dirusak oleh virus HIV. Rasio penderita antara laki-laki dan perempuan adalah tiga berbanding satu.

Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang mengalami epidemi HIV/AIDS dengan prevalensi meningkat tajam. Sejumlah upaya dilakukan, tetapi belum menunjukkan penurunan.  Proporsi kasus tertinggi pada kelompok umur produktif 20-29 tahun (50,07 persen) dan 30-39 tahun. Kasus AIDS terbanyak di Jawa Barat, DKI Jakarta, Papua, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Kepulauan Riau.

Berdasar laporan Ditjen Pengendalian Penyakit dan Pengendalian Lingkungan Departemen Kesehatan (PP & PL Depkes) selama sepuluh tahun terakhir, jumlah penderita AIDS terus meningkat. Ditjen PP & PL Depkes sebenarnya mengetahui data penderita AIDS di Indonesia sejak 1987 sebanyak 60 orang dan kasus AIDS sampai sekarang 2010 adalah 21.770 dengan 4.128 kematian

 Car Penularannya:
1.Lewat Cairan Darah
  • Melalui tranfusi darah/produk darah yang sudah tercemar HIV,
  • Lewat pemakaian jarum suntik yang sudah tercemar HIV, yang dipakai bergantian tanpa disterilkan, misalnya pemakaian jarum suntik dikalangan pengguna narkotika suntikan,
  • Melalui pemakaian jarum suntik yang berulang kali dalam kegiatan lain : misalnya penyuntikan obat, imunisasi
  • Pemakaian alat tusuk yang menembus kulit, misalnya : tindik, tato dan alat facial wajah.
2.Lewat Cairan Sperma dan Cairan Vagina
  • Melalui hubungan seks. Penetratif (penis masuk kedalam vagina/anus) tanpa menggunakan kondom. Sehingga memungkinkan tercampurnya cairan sperma dengan cairan vagina (untuk hubungan seks lewat vagina).
  • Tercampurnya cairan sperma dengan darah, yang mungkin terjadi dalam hubungan seks lewat anus.
3.Lewat Air Susu Ibu
  • .Penularan ini dimungkinkan dari seorang ibu hamil yang HIV positif, dan melahirkan lewat vagina, kemudian menyusui bayinya dengan ASI. Kemungkinan penularan dari ibu ke bayi (mother to child transmission) ini berkisar hingga 30%, artinya dari setiap 10 kehamilan dari ibu HIV positif kemungkinan ada 3 bayi yang lahir dengan HIV positif.

  1. Secara langsung (tranfusi darah, dari produk darah/tranplantasi organ tubuh yang tercemar HIV.
  2. Lewat alat-alat (jarum suntik, peralatan dokter, jarum tato, tindik dan lain-lain). Yang telah tercemar HIV karena baru dipakai oleh orang yang terinfeksi HIV dan tidak disterilisasi terlebih dahulu.
 Berikut Gambar gambar penderita AIDS.... 









Ihhh ngeri bro,.... hati-hati......

FB Online


Share artikel ini


3 comments:

  1. hiiii ngeri juga ya penyakit ini .. jangan sampe dech ...

    ReplyDelete
  2. Masya Allah...penyakit kutukan yang sangat mengerikan, hukuman buat orang yg suka zina kale ya...!!

    ReplyDelete
  3. astagfirullah . .
    ngeri bach . . .
    takoooott....

    ReplyDelete

Jangan lupa komentar wahai pengunjung yang budiman.....
Dengan berkomentar, Admin bisa mengerti apa yang anda sarankan dan apa yang kurang dari blog ini. Thanks